Jumat, 11 April 2014

Tepat satu tahun lalu…

Awal April tahun lalu, keluarga gue berencana jenguk Nenek kami yang lagi sakit keras di Surabaya. Memang, gue ada libur setelah UTS, cuma 4 hari, sih

H-2 sebelum kami berangkat. Ada perasaan yang selalu gak enak, selalu gelisah. Berkali-kali gue tanya ke orang tua gue "Yah, Bu, kita jadi pulang? Liburnya cuma 4 hari, loh!"
Tapi mereka selalu jawab "jadi. Gapapa, sehari disana juga gapapa. Yang penting bisa jenguk Mbah-mu"

2 tahun belakangan ini, Nenek gue yang tinggal satu-satunya itu emang lagi sakit keras. Stroke. Dia cuma bisa duduk dikursi roda sambil liat orang-orang disekitarnya.

Hari H, 10 April 2013
Kita berangkat malem. Sekitar jam 7-an. Semua normal, Alhamdulillah.
Subuh (11 April 2013), kita sampe di SPBU Muri Tegal. Niat untuk istirahat dan ketemu sama Pakde gue yang kebetulan mau pulang ke Surabaya juga. Bukan saudara sih, cuma karena deket jadi udah kaya saudara banget. Si Pakde ini profesinya memang Driver. Jadi udah handal bawa mobil dengan keadaan ngebut didaerah pantura.

Setelah istirahat, kami lanjutin perjalanan kami. Berhenti cuma buat sholat, makan, sama istirahat. Tapi, berasa banget lamanya, perjalanan kali ini itu lama banget. Banget! Biasanya, kalau bukan libur lebaran atau akhir tahun, perjalanan Tangerang - Surabaya cuma ditempuh 24jam. Bahkan bisa 18 jam aja. Tapi kali ini, udah lebih dari 24 jam dan belum sampai-sampai.

Sekitar jam 9-an malem, gue lupa ada didaerah mana, kebetulan yang bawa Kakak gue. Gue sih lagi tidur, karena 2 orang ade gue dan 1 orang temannya (entah ini anak tetangga ngikut) ikut mobil Pakde, akhirnya gue bisa tiduran dan selonjoran dikursi bagian paling belakang. Dalam kondisi yang tidur, walaupun gak pules-pules banget, tiba-tiba mobil banting setir ke arah kiri. Ternyata, kakak gue niat buat salip truk yang ada didepan mobil kami, tapi dari lawan arah ada truk juga. Jadi, mobil banting stir ke kiri. Gue dengan keadaan lagi tidur, reflek bilang "paling bentar lagi". 

Kita berenti lagi di Tuban. Kita makan malem, sekitar jam 10-an. Gak lama sih, cuma mampir makan. Dan gue pikir, sebentar lagi udah sampe. Alhamdulillah.

Selesai makan, kita lanjut lagi jalan. Yap! Tinggal sebentar lagi. Tuban - Lamongan - Gresik - Surabaya. Kebetulan, rumah kami berada diperbatasan Gresik - Surabaya. Dijalan, gue balik lagi tidur. Tetep dipaling belakang dan selonjoran :))
Dikursi tengah, ada Ibu, Ova (13yo), Obby (5yo), Ois (3yo). Dikursi depan kiri ada Ayah, yang jadi supir tetep kakak gue, Oddy (20yo). 

Memasuki 12 April 2013.
Sekitar jam 12 malem, Pas lagi tidur, tiba-tiba badan gue jatuh, kebawah (yaiya jatuh kan kebawah-_-). Ada suara benturan yang keras banget. Sedikit gue denger Ibu gue teriak "kok bisa sih, Od".
Gue coba buat bangun. Gue pikir cuma mimpi, serius. Itu kaya mimpi. Bener-bener gak sadar. Gue raba bangku tengah mobil, coba buat bangun. Pas gue udah bener-bener sadar, ternyata mobil kami nabrak tiang telkom. Dan yang gue liat, isi mobil udah acak-acakan. Gak beraturan. Ade gue nangis. Ova kejepit dibawah kursi supir. Oddy reflek ambil gadget & dompet bokap yang ada di dashboard. Ayah kejepit, jadi kursi depan bagian kiri kaya patah kearah depan. Kepalanya kebentur kaca depan, kacanya sampe retak, hampir pecah. Dagunya kebentur dashboard, darahnya udah kemana-mana. Ayah cuma bisa bilang "ada apa ini?". Mungkin masih belum sadar karena emang sebelumnya Ayah lagi tidur.

Ada banyak warga sekitar yang nolongin kami waktu itu. Banyak yang bilang "ayo Bu, Mba keluar". Banyak yang fokus ke Oddy, tapi Oddy cuma bilang "Ayah saya aja Mas, saya gapapa". Emang yang dikhawatirin cuma Ayah, pas gue sadar juga, gue cuma bisa teriak "ayah". Ada 3 penyumbatan pembuluh darah di jantung Ayah kami. Itu yang ditakutin. Jantungnya kenapa-napa. 

Semua turun dari mobil. Kami kumpul di pos siskamling yang ada dipinggir jalan itu, disekitar daerah Lamongan.
Ayah ditidurin, dia cuma bisa teriak "aduh… aduh". Dagunya berdarah. Ayah kesakitan sambil pegang dadanya.
Kaki Obby sobek cukup lebar. Gak tau kenapa bisa sobek. Dia cuma bisa nangis sambil teriak "Sakit". Ibu matanya bengkak, keluar darah dari mata kanan. Ibu memang pake kacamata, mungkin kebentur. 
Ois cuma diem. Dia cuma liatin orang-orang disekitarnya. Diliat Ayah, Ibu sama Obby yang keliatannya paling parah, akhirnya mereka dibawa ke Rumah Sakit didaerah itu. Naik motor.

Gue, Ova, Ois, sama Oddy tetep disitu. Gak lama, polisi dateng buat atur lalu lintas yang macet karena kami, dan urus kecelakaan ini. Gue cuma bisa peluk Ois.
Anehnya, gue gak nangis. Sedih emang. Tapi gak bisa nangis. Ada perasaan tenang, aneh sih-_-

Akhirnya, ada Ibu-ibu yang rumahnya tepat dipinggir jalan itu. Dia dateng langsung rangkul gue, dan bilang "ayo Mbak, adiknya ajak kerumah Ibu aja. Istirahat yuk! Kasian adiknya kena angin malam. Biar Masnya aja yang urus mobil". Gue cuma ngangguk. Bingung harus gimana.

Pas sampe didalem rumah Ibu-ibu ini. Gue liat Ois mimisan. Sebenernya panik, tapi harus keliatan tenang biar yang lain gak ikut panik. Gue lap darahnya pake tissue. Gue suruh dia tidur, tapi dia malah nangis. Pas gue liat, tangan kirinya luka. Cuma bisa gue tiupin.
Ova cuma bisa nangis. Dia bilang "Ibu, Ayah, sama Obby gimana mbak?" Dan gue bilang "gapapa kok. Berdoa aja, jangan nangis. Ada yang jaga kita", terus dia gue rangkul.

Dan tiba-tiba, gue ngerasa ada cairan ditelinga kiri gue. Pas gue raba, ternyata darah keluar dari dalem telinga. Gue juga raba belakang telinga, perih. Telinga kiri bagian belakang gue robek. Gue berusaha tenang "jangan panik, jangan panik". Gue juga bgerasa punggung gue perih, pas gue suruh Ova buat cek, ternyata luka. Wajar sih, gue kan jatuh, dan alat-alat Ayah kaya obeng, tang, dan kawan-kawannya itu berserakan dibawah.

Gak lama. Gue langsung kabarin Masil. Gue sms "aku kecelakaan :(("
Gue missed call dia juga sampe dia bangun. Dia langsung telpon gue. Dan waktu Masil telpon, gue cerita semua kronologinya, gue nangis. Baru bisa nangis. Pas gue nangis, Ibu-ibu yang nolong kami itu langsung peluk gue sambil bilang "Mbaknya jangan nangis. Kasian adeknya nanti panik. Udah, Ayah sama Ibunya pasti gapapa kok".

Singkat cerita, Ois tiba-tiba muntah-muntah. Seinget gue, kalo orang kecelakaan terus shock berat lalu muntah, itu gejala Gegar otak. Gue coba lagi buat tenang.

Gue hubungin Pakde, kasih kabar kalau kita kecelakaan. 2 orang ade gue, Onny (11yo) sama Olza (9yo) dan temannya Aura (8yo) ada dimobil Pakde, dan Alhamdulillah mereka gak ikut kami.

Oddy masuk ke rumah Ibu baik ini terus langsung meluk gue, Ova, sama Ois sambil bilang "Maaf ya, Maafin Mas" terus gue bilang "Lu kenapa sih? Kok bisa gini?" Terus dia bilang "Maaf gue ngantuk, tadi gue tidur pas nyetir. Mau minta gantiin Ayah tapi kasian Ayah capek". 

Gak lama, ada yang ketok pintu rumah. Terus karena gue kasian sama Ibu Baik, gue yang bukain pintu. Padahal udah dibilang "buka aja gak dikunci", tapi orang diluar itu tetep ketok-ketok pintu.
Pas gue buka, ternyata Onny. Dan dia langsung peluk gue sambil nangis. Dia bilang "Kok bisa sih mbak? Kok bisa?" Gue gak bisa jawab, gue cuma bisa nangis. Onny terus meluk gue. Pelan-pelan gue ceritain. Tapi dia cuma bisa nangis.
Olza sama Aura langsung ke Rumah Sakit susul Ayah sama Ibu.

Singkat cerita, urusan Pakde, Oddy sama polisi udah selesai. Kami semua berangkat susul Ayah Ibu ke Rumah Sakit. Namanya juga daerah, jauh dari Rumah Sakit, jaraknya sekitar 20km.
Sekitar jam setengah 5 kami sampai di Rimah Sakit.
Gue langsung cari Ibu. Pas ketemu langsung gue peluk. Oddy juga langsung peluk minta maaf, tapi Ibu bilang "gapapa. Gak usah minta maaf. Ini udah 'ditulis'. Bersyukur aja kita masih selamat & masih bisa kumpul"

Singkat cerita lagi yaaa
Obby gak mau kakinya dijahit. Ibu pikir juga, Obby masih kecil, kulitnya masih bisa tumbuh tanpa dijahit. Karena sobekan dikali Obby juga gak beraturan, jadi takut kalau-kalau kakinya jadi gak bisa balik kaya dulu.

Gue cerita kedokternya keadaan Ois yang muntah-muntah terus. Katanya "gapapa kalau gak mau dirawat. Harusnya, adenya ini dirawat dulu. Tapi kalau sudah sampai Surabaya, dicek lagi, badannya panas atau enggak. Kalau panas, cepet-cepet bawa ke Rumah Sakit. Dikhawatirkan ada Gegar Otak"

Singkat cerita, kami yang tadinya terbagi 2 mobil, ditumpuk jadi satu didalam satu mobil. Barang sama orang ditumpuk-tumpuk. 

Sampe dirumah Om gue yang tinggal di Gresik. Karena liat kondisi masih lemes semua, jadi kita istirahat di rumah Om gue ini. 

Sekitar jam 10-an kita baru jalan lagi kerumah. Sekitar 1 jam perjalanan.
Sampe rumah, kami disambut sama tangisan Tante yang udah lama nunggu kami. Nenek gue cuma bisa liat sama mata yang berkaca-kaca. Mungkin dia mau nanya, kenapa kami begini.

Singkat cerita lagi.
Beberapa hari setelah keadaan membaik, Ayah, Ibu, Oddy, Om gue yang lain, dan Pakde balik lagi ke Lamongan buat urus mobil sama surat-surat yang ditahan.
Kebetulan Om gue ini seorang Wartawan. Jadi bisa bantu sedikit-sedikit.

Fyi ya. Berurusan sama polisi itu ribet banget. Dan polisi daerah ini emang terkenal 'nakal'. Jadi, kami mengeluarkan uang kurang lebih 6 juta buat menebus mobil kami yang udah ancur banget, dan surat-surat itu. Awalnya, mobil mau dikirim ke Tangerang. Tapi karena biaya yang diluar dugaan, jadi mobil ini dikirim kerumah kami di Surabaya.

Keadaan mobil udah ancur banget. Mesinnya sampe pecah. Tulang mobilnya geser kebelakang. Sedih banget liatnya. Mobil itu belinya perjuangan. Ayah kerja dengan taruhan nyawa, Meeen. Tapi… yaudahlah ya, rezeki mobil itu buat keluarga kami cuma sampai saat itu aja :')

Kami di Surabaya lumayan lama. Sekitar 2 minggu. Jauh dari perkiraan kami.
2 minggu bolos, Men. Udah banyak absen karena emang 2 minggu sebelum pulang gue sempet kecelakaan motor sama Ajeng di sekitar Greencove. Jadi ya gitu......

Setelah semua pulih, kami pulang ke Tangerang. Sebelum pulang, sewaktu pamit sama Nenek kami, Ibu bilang "Bu, aku pulang dulu ya? Kasian anak-anak harus sekolah, udah lama kan nemenin Ibu" terus Nenek gue ngomong sambil merintih "kamu gak mau nungguin aku ta?" Terus Ibu jawab "mau, Bu. Tapi nanti kesini lagi kalo anak-anak libur"

Akhirnya kami pulang. Naik kereta api. Yap! Setelah sekian lama gue gak naik transportasi ini.

Sesampai di Tangerang, kami semua jalanin aktifitas kami seperti biasa. Bedanya, gak ada lagi mobil. Gak bisa jalan-jalan. Lagi-lagi cuma bisa bilang "Alhamdulillah". Yang ada dipikiran kami saat itu adalah, bersyukur karena masih bisa kumpul. Gak ada kurang satu hal apapun.

Seminggu kami di Tangerang, ada kabar Nenek kami "pulang" :"

Kami balik lagi ke Surabaya. Lagi-lagi dengan tangisan. Ternyata, Nenek kemarin mau ditungguin sampai dia. 'Pulang'. Sedih banget. Gue udah gak punya Mbah.

2 minggu lagi kami disana. Sebulan gue ada dikota kelahiran gue itu. Rasanya udah gak mau pulang ke Tangerang. Mau pindah aja kesana.

Setelah pulang dari Surabaya buat yang kedua kalinya. Semua normal.
Sampai akhir Mei gue kecelakaan lagi. Kecelakaan motor.

Setahun kemarin, gue 3x kecelakaan. Trauma? Jelas! Sampai sekarang. Kalau naik mobil terus jalannya ngebut. Gue cuma bisa nunduk sambil merem. Takut.

Intinya sih.....
Tepat satu tahun lalu keluarga gue alami kejadian buruk yang gak pernah kebayang sebelumnya. Tapi, Alhamdulillah, kami masih bisa berkumpul sampai sekarang. Walaupun kalau liat mobil Kijang Kapsul dijalan suka ada rasa 'miris'. Tapi, Alhamdulillah lagi, semua yang hilang kalau kita ikhlas, pasti diganti sama yang lebih baik :))
Beberapa bulan kemudian, Ayah beli mobil baru. Lebih besar dan lebih cukup buat satu keluarga besar ini :))
Walaupun masih kredit dan gak cash kaya mobil sebelumnya, tapi tetep Alhamdulillah. Allah tuh baik. Allah tuh adil. Jangan pernah raguin itu. Siapapun yang qona'ah, terima apa adanya pasti Allah kasih yang lebih baik lagi.

Syukuri apapun yang ada dihidup kalian.
Minimal, bersyukur Tuhan masih meminjamkan oksigen milik-Nya untuk kalian ditiap harinya.

Tepat satu tahun lalu, gue lagi pikirin gimana nasib semua keluarga gue.

Have a great weekend, Ppl :')) <3

Share:

0 komentar:

Posting Komentar